Skip to main content

Karena kita tidak pernah seratus persen gagal

Beberapa minggu belakangan ini saya sangat menginginkan untuk duduk dibangku sebuah bus yang melaju sambil membaca buku-buku yang belum tuntas, dilengkapi dengan menatap sekitar, yaitu jalanan yang panjang. Dan hari ini saya telah memilikinya. Saya mulai membaca satu persatu halaman dan meresapi setiap nilai-nilai positif yang saya baca dan mengkaitkannya dengan kejadian-kejadian yang belakangan menimpa, baik menimpa diri saya, orang-orang disekitar saya maupun hal yang terjadi di lingkungan saya. Semua tidak pernah begitu saja terjadi. Tuhan selalu menawarkan dua hal, pertama tawaran untuk memberikan apa yang kita minta dan kedua menawarkan untuk menunda permintaan kita dan akan memberikannya ketika kita sudah pantas dengan apa yang kita minta.

Sebagai manusia kita tidak pernah luput dari yang namanya permintaan dan doa. Karena kedua hal tersebut sebagai bukti betapa kita lemah dihadapan-Nya dan betapa kita menyadari bahwa ada kekuatan yang selalu membantu kita, kekuatan yang begitu dekat bahkan lebih dekat daripada urat nadi kita sendiri. Yaitu Dia dan pertolongan-Nya. Begitu juga dengan saya dan Anda. Kita selalu mempunyai banyak hal yang kita minta. Dari permintaan yang masuk akal maupun bermintaan yang terkadang memaksa, hingga permintaan yang terdengar sangat konyol. Tapi sejujurnya, hanya kepada-Nya kita berani seterbuka itu. Hanya dalam pertemuan dahi dengan sajadah kita merasa begitu pasrah. Begitupun saya, terkadang saya malu kepada-Nya. Saya malu tatkala saya meminta begitu banyak hal, begitu banyak permintaan. Tetapi itulah yang terkadang menjadi hal yang sangat menarik. Sejak kecil saya mendidik diri saya untuk tidak merepotkan orangtua saya, mengurangi permintaan kepada Ibu, men-celengi koin-koin receh hasil berjualan es mambo dan agar-agar di sekolah, menabung lembaran-lebaran uang seribuan yang kadang di-persenkan (diberi uang oleh keluarga--extended family) dari Mamang (baca : Paman) atau Uwa (baca : Pakde) yang pulang dari Kota. Saya selalu memilih untuk menadahkan kedua tangan dan berkata setiap habis solat "Ya Allah, Pipih mau beli tas dan sepatu baru untuk sekolah ajaran baru. Cukupkan tabungan Pipih ya Allah.." daripada meminta kedua benda tersebut kepada Ibu yang bisa saja membelikannya, seperti Ibu membelikan barang tersebut untuk Adik saya. Tapi saya tidak memilih hal sesederhana meminta, karena ada hal besar yang bernama berusaha. Begitu seterusnya sampai saya lupa bahwa saya mungkin sudah lulus kelas kemandirian yang saya sendiri buat. Dan tentu saja, keyakinan bahwa meminta saja kepada sang pemilik segalanya. Tidak usah ragu, tidak usah malu.

Tahun demi tahun, percaya atau tidak permintaan kita menjadi semakin kompleks. Saya yang dulu hanya meminta tas dan sepatu baru dimana 'percakapan' saya dengan-Nya mungkin tidak sampai lima menit kini percakapan-percakapan itu menjadi lebih panjang. Ada banyak sekali yang kita minta. Dan kita semakin menjadi terang-terangan. Pada umur saya sebelum 25 tahun saya tidak pernah mengucapkan dan meminta sebuah permintaan tertentu karena saya merasa belum pantas untuk menerima 'hadiah' sebesar itu. Dan juga ada beberapa permintaan yang menurut saya baru-baru ini saja sering terucap. Misalnya, saya mengajukan permintaan agar beberapa sikap dan karakter saya yang kurang baik dapat saya rubah. Terlepas dari saya tidak pernah ambil pusing dengan pendapat orang tentang saya, sayapun sedikit-sedikit merubah sikap-sikap yang memang harus dirubah dan diperbaiki. Saya sadar, kita tidak bisa berubah seperti menggigit cabai, begitu digigit terasa pedasnya. Perubahan itu membutuhkan waktu dan pencapaian. Tapi percayala proses menjadi lebih baik akan selalu menyenangkan, dan berterimakasihlah kepada orang yang telah berkata jujur akan sikap-sikap kurang baik yang ada pada diri kita.

Sekali lagi kita tidak pernah luput dari permintaan. Tapi apa kita pernah gagal? Apa semua permintaan kita diberikan dengan segera. Tentu tidak. Nah inilah yang kedua yang saya katakan bahwa Tuhan memberikan tawaran untuk menunda permintaan kita dan memberikannya nanti ketika kita sudah pantas. Kebanyakan dari kita, begitu juga dengan saya kita lebih senang menyebutnya gagal. Kegagalan itu konotasinya sangat negatif. Dimana-mana yang namanya gagal ya sakit. Gagal mendapatkan pekerjaan yang diimpikan, gagal menjalin hubungan serius, gagal test ujian kelulusan, gagal diterima di sekolah yang diidaman dan lainnya. Tapi apakah kita tahu bahwa kita tidak pernah seratus persen gagal dan Tuhan tidak pernah seratus persen mencabut mimpi kita. Coba diingat-ingat kapan terakhir kita gagal? Coba dilihat lagi sedikit saja kebelakang, sedikit saja bahwa gagal itu hanya ada ketika kita berusaha maksimal namun belum mencapai target kita, bukan? Kata kuncinya apa? "Berusaha". Gagal itu hanya ada ketika kita berusaha. Pernah tidak kita tidak berusaha, tidak ngapa-ngapain tahu-tahu gagal? Tidak pernah kan? Itu artinya apa? Kegagalan itu adalah sebuah pertanda bahwa kita diberikan kesempatan untuk "lebih". Lebih apa? Orang gagal kok! Orang sedih kok? Orang jatuh kok? Lah.. contohnya saja jatuh, kapan kita merasa jatuh? Saat kita ingin menuju tempat yang lebih tinggi. Klo ditempat yang datar-datar saja apa kita pernah jatuh. Tentu tidak. Begitu juga dengan gagal. Sama. Kita hanya akan gagal ketika kita berusaha. Artinya apa? Gagal adalah bagian dari usaha, bagian dari proses yang harus dilewati. Coba tengok lagi kebelangan, apakah dari seratus usaha kita semuanya gagal? Tidak, pasti ada satu yang berhasil, atau minimal mendekati berhasil. Sekali lagi, kita tidak pernah seratus persen gagal. Misalnya kita gagal mendapatkan pekerjaan yang kita impikan dan bekerja ditempat kerja kita saat ini, ketahuilah bahwa disitulah Tuhan menitipkan rezeki kita, dan disitu pulalah Tuhan mercayai kita bahwa value kita akan lebih bernilai. Atau misalnya kita gagal membangun hubungan yang serius dengan seseorang yang menurut kita baik, kita tidak sepenuhnya gagal juga. Mungkin kegagalan kita akan membuat kita memperbaiki diri, meningkatkan kualitas diri, dan memantaskannya. Mungkin juga kita gagal diterima disekolah impian kita atau bahwa gagal diterima sekolah cadangan kita, lagi-lagi kita diberikan kesempatam untuk memantaskan diri. Meningkatkan kemampuan dan kapasitas kita.

Sekali lagi, manusia tidak pernah dihadapkan pada kondisi seratus persen gagal. Manusia hanya diberikan kesempatan untuk berbuat lebih dan berpikir lebih jauh.

Selamat sore dan selamat berbuka.

Tol Jakarta - Merak, 04 Juli 2015
17.19 WIB


Fikriyah Winata

Comments

Popular posts from this blog

Operasi Sapu Lidi

Salah satu contoh operasi hitung sapu lidi Sumber gambar :  dayufunmath.wordpress.com Usiaku saat itu masih enam tahun. Hari itu Kakekku resmi mendaftarkan aku sekolah. Ku lihat lagi selembar ijazah yang dikampit oleh Kakekku. Ku perhatikan baik-baik. Ada fotoku dua bulan lalu. Lucu. "Itu apa Kek?" aku menunjuknya. "Ini ijazah sekolah Neng yang dulu di Jakarta. Buat daftar sekolah disini" kemudian Kakekku menjelaskan. Tidak satu orangpun diantara barisan pendaftaran sekolah itu yang membawa lembaran bernama ijazah sepertiku. Nampaknya cuma aku seorang. Senin diminggu pertama sekolah. Aku sangat gembira. Seragamku kini putih merah terpisah. Rok rempel jahitan Nenekku dan kemeja putih bekas sekolah Taman Kanak-Kanakku dulu di Jakarta masih terpakai dan layak. Meski seragamku bekas, tetap terlihat paling bercahaya. Entah? Rasa-rasanya semua anak disini seragamnya tidak disetrika, apalagi mengkilat seperti seragamku. Sejak Ibuk

We were the IELSP Cohort 8 - Iowa State...

Okay, now let me show my IELSP Cohort 8 - Iowa State family.. I lived with them for 2 months during exchange program, obviously we never knew each other before IELSP. We came from the differences of provinces in Indonesia, from Sabang to Merauke, then we made friends, love, and togetherness.. I love u guys, thanks for filled in my heart for 2 months in Iowa.. Hoped can meet you again in the other occasion.. :D She is Sari Ayu Maghdalena, also known Alien. She was my roommate.  She was biology student at her university. Came from Medan, North Sumatera. Alien was like my daughter. She could not cook, I felt really pity of her when she was hungry. Haha. Then, I always cooked for us then we eating together. I loved to make dinner meals for us, for breakfast we were such 'anak kosan' it was expensive time to take breakfast. We slept over then woke up late. Haha, never 'mandi pagi' as well because of the weather was so COLD just "kucek-kucek' mata, make up, and wen

Japan! I promised u that I would be back!

Tokyo, 25 April 2011 Sekitar pukul 05.00 waktu setempat (Bandara Narita Tokyo) kami landing dari Minneapolis. Kebetulan saat itu rombongan IELSP Cohort 8 Iowa State University sudah tidak ditemani oleh pihak IIEF. Ali Ibrahim sebagai ketua rombongan dan saya sebagai wakil ketua rombongan. Sebagai orang yang sedikit mengerti dunia pesawatan saya mengambil peran lebih banyak saat kepulangan rombongan. Khususnya hari itu.. Delta Airlines (Pesawat kami) terkena petir Setelah mengantri di Security Check Bandara Narita saya segera mengalihkan teman2 untuk menuju Gate kami. Saat itu masih tidak banyak orang, kami berlari 'hurry' karena waktu transit tidak lama dan FYI : security check bandara narita 'agak' remphong, ribet, dan antrinya panjang, maklum Narita adalah salah satu bandara sibuk di Dunia. Setelah menunggu tiba2 ada pengumuman kalau pesawat kami akan delayed selama 30menit. Its okay , itu biasa. Kita tidak pernah tahu apah yang terjadi diudara. Tiba2, delayed