Skip to main content

Kita (terkadang) menginginkan apa yang kita tidak miliki

Lho kenapa? Kenapa lebaran-lebaran gini kok judul note-nya melo? Bukankan kita seharusnya ceria-ceria, bersuka cita berkumpul bersama keluarga? Lho kenapa Fikriyah tiba-tiba menulis judul seperti itu?

To be honest, saya sedang melo dan sangat amat ingin makan opor ayam dengan ketupat atau uli bakar dengan semur daging! Keduanya adalah tradisi di rumah keluarga Tangerang dan Lebak (ditempat Ibu). Tetapi sayangnya, saya yang tegar inipun harus melo mendengar suara takbir berkumandan dan saya hanya di kosan. Tidak ada opor ayam, tidak ada ketupat, tidak ada uli bakar apalagi semur daging. Bisa saja sih semua itu saya masak sendiri, tapi akan menjadi sangat krik-krik kalau saya masak semuanya sendiri dan dimakan sendiri juga. Tapi saat ini saya menjadi paham bahwa saya menginginkan apa yang saya tidak miliki? Kenapa? Karena sehari-haripun saya yang tidak terlalu menyukai makanan bersantai tentu saja tergolong jarang makan opor ayam, ya klo gak pengen-pengen banget gak akan masak ataupun makan. Sementara uli bakar, proses pembuatannya yang terlalu lama dan kalau bukan Ibu yang buat saya mungkin tidak akan makan. Tapi intinya, saya dengan segala ketegaran saya mencoba memahami dan menghibur diri, "Ayo Fik, biasa ajah. Besok di Bandara bisa cari opor ayam! Ayo Fik, gak usah melo-melo-lah, itung-itung latihan. Kalau tahun depan sekolah, lebaran sendiri dinegeri orang lebih parah. Kamu harus bisa survive. Ah biasanya juga sendiri, make melo-melo segala!" Tapi kenyataannya saya berusaha sekali untuk mendapatkan opor ayam. Haha dari mulai memberi kode super keras kepada sahabat ring satu, posting di twitter (siapa tahu ada yang baca dan mention, "@fikriyahwinata, kerumah gue ajah besok pagi, nyokap masak opor ayam!" sampai ended up saya whatsApp kepada senior di kantor yang besok akan pergi bersama, yang intinya, klo ada sisa-sisa opor ayam bawa dong ke Bandara, dikit ajah. Aku hampa banget nih! Owalah... tetap usaha.

Tetapi saya pikir semua itu hanyalah ujian kecil bahkan sangat kecil bahwa kita sebagai manusia selalu saja merasa kurang. Selalu saja merasa ingin memliki apa yang kita tidak punyai, selalu saja melihat diri dari apa yang tidak bisa kita gapai. Saya sendiri meskipun selalu menerapkan rasa syukur yang begitu dalam disetiap apapun, pasti selalu saja ada godaan-godaan untuk menginginkan apa yang saya tidak miliki. Contohnya sangat simple, sekedar opor ayam. Opor ayam menjadi naik value-nya karena saat ini malam takbiran dan besok adalah hari lebaran, jika saja ini bukan malam takbiran maka saya tidak akan sedikitpun kepikiran opor ayam, bukan? Dimana dari tahun ke tahun itu adalah hal yang sangat biasa, jika lebaran. Tetapi kemudian saya menengok koper besar saya yang terbuka lebar, saya melihat lebaran tiket pesawat, hotel, agenda, dan lain-lain yang kemudian menyadarkan saya, bahwa kita tidak akan pernah bisa mengambil dua peran dalam satu scene. Kita tidak pernah melakukan dua adegan salam satu frame. Kita harus memilih, mau pilih peran yang mana? Mau ada dalam adegan seperti apa? Saya kemudian tertuju kepada sebuah stickynote bertulikan "UC" (User Conference), saya kemudian ingat bahwa saya menulis itu pada bulan Oktober tahun 2013, hampir dua tahun yang lalu. Saya kemudian mengingat betapa sudah lama sekali saya 'merengek' kepada Allah Swt untuk bisa menginjakan kaki ke Tanah Paman Sam (lagi). Saya kemudian mengingat bahwa akhir tahun lalu, saat ada salah satu teman saya yang kebetulan dinas kesana, saya berkata, tolong doakan aku ya agar bisa secepatnya ke US lagi. Saya lalu ingat bahwa saat tahun 2014 lalu Tanteu Sesil (Kolega senior di kantor) posting foto di San Francisco dan whatsApp kalau beliau disana, saya ingat saya komen difoto tersebut dan berkata "Tanteu, panggil aku dari situ ya, tahun depan aku kesitu." Saya lalu teringat juga saat Pak Aris tahun 2013 lalu, bulan puasa disana saya juga bbm beliau dan minta didoakan agar bisa kesana juga. Saya kemudian tidak punya pilihan untuk tidak mengakhiri melo sederhana karena opor ayam. Saya kemudian tidak punya alasan untuk tidak bersyukur karena saya semakin dekat dengan impian saya. Sesuatu yang saya inginkan, sesuatu yang selalu saya minta kepada Allah Swt. Karena manusia selalu mempunyai banyak sekali permintaan, dan terkadang Allah Swt ingin memberikan keinginan kita itu disaat yang memang tepat. Dan alhamdulillah, Allah Swt mendekatkan saya kepada impian saya, kembali ke US.

Terima kasih Allah. Terima kasih atas segala kesempatan yang diberikan.

Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan bathin.
Depok, 17 Juli 2015
00.07 WIB

Comments

Popular posts from this blog

Operasi Sapu Lidi

Salah satu contoh operasi hitung sapu lidi Sumber gambar :  dayufunmath.wordpress.com Usiaku saat itu masih enam tahun. Hari itu Kakekku resmi mendaftarkan aku sekolah. Ku lihat lagi selembar ijazah yang dikampit oleh Kakekku. Ku perhatikan baik-baik. Ada fotoku dua bulan lalu. Lucu. "Itu apa Kek?" aku menunjuknya. "Ini ijazah sekolah Neng yang dulu di Jakarta. Buat daftar sekolah disini" kemudian Kakekku menjelaskan. Tidak satu orangpun diantara barisan pendaftaran sekolah itu yang membawa lembaran bernama ijazah sepertiku. Nampaknya cuma aku seorang. Senin diminggu pertama sekolah. Aku sangat gembira. Seragamku kini putih merah terpisah. Rok rempel jahitan Nenekku dan kemeja putih bekas sekolah Taman Kanak-Kanakku dulu di Jakarta masih terpakai dan layak. Meski seragamku bekas, tetap terlihat paling bercahaya. Entah? Rasa-rasanya semua anak disini seragamnya tidak disetrika, apalagi mengkilat seperti seragamku. Sejak Ibuk

We were the IELSP Cohort 8 - Iowa State...

Okay, now let me show my IELSP Cohort 8 - Iowa State family.. I lived with them for 2 months during exchange program, obviously we never knew each other before IELSP. We came from the differences of provinces in Indonesia, from Sabang to Merauke, then we made friends, love, and togetherness.. I love u guys, thanks for filled in my heart for 2 months in Iowa.. Hoped can meet you again in the other occasion.. :D She is Sari Ayu Maghdalena, also known Alien. She was my roommate.  She was biology student at her university. Came from Medan, North Sumatera. Alien was like my daughter. She could not cook, I felt really pity of her when she was hungry. Haha. Then, I always cooked for us then we eating together. I loved to make dinner meals for us, for breakfast we were such 'anak kosan' it was expensive time to take breakfast. We slept over then woke up late. Haha, never 'mandi pagi' as well because of the weather was so COLD just "kucek-kucek' mata, make up, and wen

Japan! I promised u that I would be back!

Tokyo, 25 April 2011 Sekitar pukul 05.00 waktu setempat (Bandara Narita Tokyo) kami landing dari Minneapolis. Kebetulan saat itu rombongan IELSP Cohort 8 Iowa State University sudah tidak ditemani oleh pihak IIEF. Ali Ibrahim sebagai ketua rombongan dan saya sebagai wakil ketua rombongan. Sebagai orang yang sedikit mengerti dunia pesawatan saya mengambil peran lebih banyak saat kepulangan rombongan. Khususnya hari itu.. Delta Airlines (Pesawat kami) terkena petir Setelah mengantri di Security Check Bandara Narita saya segera mengalihkan teman2 untuk menuju Gate kami. Saat itu masih tidak banyak orang, kami berlari 'hurry' karena waktu transit tidak lama dan FYI : security check bandara narita 'agak' remphong, ribet, dan antrinya panjang, maklum Narita adalah salah satu bandara sibuk di Dunia. Setelah menunggu tiba2 ada pengumuman kalau pesawat kami akan delayed selama 30menit. Its okay , itu biasa. Kita tidak pernah tahu apah yang terjadi diudara. Tiba2, delayed